Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana

23 Desember 2023

Memahami Sandi Kotak 1, 2 dan 3

| 23 Desember 2023

 Teman-teman Sawarga Maniloka, bagi seorang Pramuka memecahkan teka-teki dari sebuah sandi untuk menyelesaikan misi yang diberikan oleh Kakak Pembina tentu memiliki tantangan tersendiri. 


Sandi merupakan pesan rahasia yang memiliki kunci tersendiri. Sebagai seorang pramuka tentu kemampuan untuk memecahkan sebuah pesan rahasia menjadi sesuatu yang wajib kamu miliki. 

Tujuan dari pemecahan sandi ini adalah untuk melatih ketelitian, kepekaan, kecermatan dan daya ingat. Oleh karenanya, menguasai sandi juga sangat menyenangkan untuk bermain kata rahasia dengan teman Pramuka. 

Sandi Kotak merupakan sandi yang paling dasar dan tentu saja harus diketahui betul oleh sahabat Pramuka sekalian. 

Sandi Kotak 1

Perhatikan gambar berikut!

Jika kita uraikan maka akan menjadi berikut!




Pada Sandi Kotak 1 ini kita bisa melihat bahwa terdapat dua bentuk yaitu bentuk garis horizontal dan vertikal pada huruf a sampai r dan garis menyilang untuk huruf s sampai z. 

setiap tempat itu memiliki dua huruf dan bentuk. Setiap huruf pertama tidak memiliki titik sementara pada huruf kedua memiliki titik untuk membedakan bentuknya. Teman-teman dapat berlatih Sandi Kotak 1 sekarang!

Sandi Kotak 2

Perhatikan gambar berikut!



Pada sandi kotak 2 terlihat berbeda dengan sandi kotak 1 yaitu dimana bentuk yang terbuat oleh garis horizontal dan vertikal ini diisi oleh tiga huruf. Penentuan kotaknya, tidak jauh dengan sandi kotak 1 dimana huruf pertama pada setiap bentuk kotak itu tanpa titik, huruf kedua menggunakan satu titik dan huruf ketiga menggunakan dua titik. Perhatikan contoh diatas!

Sandi Kotak 3

Perhatikan gambar berikut



Pada sandi kotak 3 berbeda dengan sandi kotak 1 dan 2 terlihat lebih rumit. Tetapi, bila kita perhatikan fokus utama dalam bentuk pada sandi kotak 3 adalah sudutnya. Maka jika kita uraikan akan kuncinya adalah sebagai berikut!


Teman-teman pasti sudah sangat memahami Sandi Kotak 1, 2 dan 3 sekarang. Sekarang ayo kita pecahkan bersama misi yang telah diberikan kakak pembina kita dalam bentuk sandi kotak!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar