Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana

11 Oktober 2019

Penyakit Infeksi, Degeneratif dan Perilaku Tidak Sehat

| 11 Oktober 2019
"Pramuka pramudi Pramuka jarang mandi?" sepertinya kalimat ini perlu di klarifikasi pasalnya, kalimat tersebut sangat memojokkan seorang Pramuka, sehingga terkesan bahwa Pramuka jorok dan tidak memperhatikan kesehatan tubuhnya. Seorang Pramuka sejati, harus dapat hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat melemahkan tubuhnya. Oleh karena itu, kali ini kita akan mengkaji SKU Penegak Bantara point ke-20 yaitu dapat menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degenaratif, dan penyakit yang disebabkan oleh perilaku hidup tidak sehat.

Ada tiga materi sekaligus yang akan kita bahas pada kajian ini, untuk mempermudahnya mari kita uraikan sama-sama.

Penyakit Infeksi
Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan karena masuknya bibit penyakit. Penyakit infeksi biasanya menular dari satu orang ke orang lain. Penyebab utama dari penyakit infeksi adalah bakteri dan organisme lainnya. Bakteri-bakteri tersebut menyebar dengan berbagai cara dan vector.

Penyakit yang disebabakan bakteri ;
  1. TBC, ditularkan melalui udara
  2. Tetanus, melalui luka yang kotor
  3. Mencret, melalui lalat, air dan jari yang kotor
  4. Pneumonia, lewat batuk (udara)
  5. Gonorhea dan sfilis, melalui hubungan kelamin
  6. Sakit telinga, dengan selesma (masuk angin dan filek)
Penyakit yang disebabkan virus :
  1. Selesma, influenza, campak dan gondok : ditularkan melalui udara, batuk, ataupun lalat.
  2. Rabies, melalui gigitan binatang
  3. Penyakit kulit, melalui sentuhan
Penyakit yang disebabkan oleh jamur
Kurap, kutu air, gatal pada lipatan paha : ditularkan melalui sentuhan, atau melalui pakaian yang dipakai secara bergantian.
Penyakit yang disebabkan oleh parasit internal (hewan berbahaya yang hidup di dalam tubuh)
  1. Disentri, ditularkan dari kotoran ke mulut
  2. Malaria, melalui gigitan nyamuk
Penyakit yang disebabkan oleh parasit eksternal (hewan berbahaya yang hidup di luar tubuh)
Kutu rambut, kutu hewan, kutu busuk berupa kudis ; Penularannya melalui orang-orang yang telah terinfeksi atau melalui pakaian yang digunakan secara bergantian.
 Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pencegahan
  1. Mencuci tangan setiap kegiatan
  2. Membersihkan lantai, terutama ruang dapur dan kamar mandi agar steril dari kuman secara rutin.
  3. Melakukan gerakan 3M + (Menguras, Menutup dan Mengubur serta Menggunakan anti nyamuk) hal ini dilakukan agar terhindar daru pengembangbiakan nyamuk DBD dan nyamuk lainnya. Serta memperhatikan lingkungan agar tidak ada lagi air menggenang sebagai sumber perkembangbiakkan nyamuk.
  4. Makanlah makanan yang aman dan halal 
  5. Jauhi penderita penyakit yang mudah menular melalui kontak seperti flu, cacar air atau belekan.
  6. Gunakan antibiotik secara bijak
  7. Pastikan setiap bayi mendapatkan imunisasi sehingga kekebalan tubuhnya tidak cepat menurun
  8. Hindari kontak dengan berbagai hewan yang dapat menularkan penyakit. Seperti tikus yang dapat menularkan penyakit pes dan leptospirosis, burung dan ayam yang dapat menyebabkan flu burung, dan kucing dan anjing yang dapat menularkan virus rabies.
  9. Jaga kebersihan hewan peliharaan
  10. Makanlah makanan yang kaya akan antioksidan dan multivitamin A, C, dan E
Penyakit Degenaratif
Penyakit degenaratif adalah penyakit yang timbul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Sedikitnya ada 50 yang termasuk penyakit degeneratif. 
Contoh penyakit degenaratif.
Diabetes melitus, stroke, jantung koroner, kardiovaskular, obesitas, dislispedemia, hipertensi, penyakit jantung, asam urat dan sebagainya.
Pada dasarnya penyakit degeneratif ini diakibatkan karena proses penuaan akan tetapi, pada akhr-akhir ini penyakit degeneratif tidak hanya berada di kalangan orang tua, justru sebaliknya kaum muda lebih mendominasi terutama di perkotaan. Hal ini disebabkan karena gaya hidup di era urbanisasi dan modernisasi. Bisa kita lihat karena banyaknya penyedia makanan cepat saji yang kita tidak tahu prosesnya seperti apa dan banyaknya kesempatan olahraga yang tidak digunakan dengan baik. Sehingga para kaum muda tidak memperhatikan kondisi tubuhnya sendiri.

Penyakit yang Disebabkan Perilaku Tidak Sehat
Hidup tidak sehat merupakan sumber dari berbagai penyakit, banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menata kehidupan yang dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Lantas apa saja perilaku tidak sehat tersebut untuk kita hindari? kita simak ulasan berikut ini.

1. Stres Berlebihan
Memikirkan sesuatu yang sangat berat merupakan hal yang harus dihindari oleh kita semua. Karena stres yang berlebihan dapat memicu menurunkan daya tahan tubuh seseorang dan memacu resiko penyakit jantung, serta membuat tidak nyaman. Stres yang berlebihan juga dapat memicu penuaan diri. Ibu-ibu yang memiliki banyak anak dan mengalami penuaan diakibatkan oleh stres. Oleh karenanya, untuk menangani hal tersebut dapat dilakukan dengan menarik nafas dalam-dalam dan selalu berfikiran positif, dan luangkan waktu yang dapat melakukan sesuatu sehingga mengurangi stres. Seorang Pramuka untuk mengurangi stres adalah dengan bernyanyi, bermain dan melakukan kegiatan-kegiatan kepramukaan yang sangat bermanfaat.

2. Minuman Alkohol
Baden Powell telah menekankan kepada Pramuka untuk menghindari minuman beralkohol, disamping memabukan juga sangat merusak terhadap organ tubuh. Meminum alkohol dapat menyebabkan serangan jantung, kanker hati, kanker tenggorokan dan kanker payudara.

3. Kurang Bergerak
Seorang Pramuka harus energik dan selalu semangat untuk berolahraga. Karena jika kita kurang bergerak maka berbagai penyakit akan senantiasa bersarang di tubuh kita. Begitu pula dengan peranan pendidikan di luar kelas dan kegiatan-kegiatan yang dapat menggerakan tubuh seperti hiking, climbing dan mountaineering.

4. Makanan Berlemak
Makanan berlemak memang enak, tetapi tidak semua yang enak itu sehat. Makanan berlemak akan menyebabkan kolesterol pada tubuh oleh karenanya, makanlah makanan yang tidak mengandung kolesterol yang berlebih sehingga tubuh akan tetap sehat dan terjadi. Pastikan asupan lemak untuk tubuh kita tidak lebih dari 10% atau kurang dari seluruh kalori.

5. Merokok
Merokok merupakan perilaku tidak sehat yang sering kita temukan di sekitar kita. Seorang Pramuka akan senantiasa sadar bahwa merokok dapat mengundang berbagai penyakit seperti jantung, gangguang saluran pernafasan, paru-paru, dan gangguan pada janin. Tidak hanya dapat berakibat buruk bagi si perokok tapi juga orang disekitarnya yang terkena dampak asap rokok yang tidak sehat.

6. Menghirup Polusi Udara
Setiap yang hidup manusia hidup akan bernafas. Ketika udara yang kita hirup ini menjadi tidak sehat karena polusi akibat pembangunan dan modernisasi seperti polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor dan limbah-limbah industri. Polusi udara dapat menyebabkan sakit mata dan gangguan pernafasan seperti asma dan penyakit paru-paru lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut setiap kita dapat menggunakan masker untuk menutup mulut dan hidung.

7. Terlalu Sering Terkena Sinar Matahari
Seorang Pramuka biasanya terkenal dengan berpanas-panasan, hal tersebut wajar saja jika dilakukan dengan baik dan waktu-waktu tertentu, asal jangan keseringan. Karena demikian itu sinar matahari yang mengandung SPF 15 dapat menyebabkan kanker kulit dan kerutan.

8. Kurang Tidur
Kebiasaan begadang adalah kebiasaan yang tidak baik karena dengan kurangnya tidur dapat berhubungan dengan obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi dan masalah ingatan. Oleh karenanya, seorang Pramuka harus dapat tidur tepat waktu.

9. Kelebihan Berat Makan (Obesitas)
Obesitas biasanya disebabkan oleh makan yang tidak sehat sehingga, terjadi kelebihan berat badan atau obesitas yang dapat menyebabkan serangan jantung, diabetes bahkan hingga kanker.

10. Mengonsumsi Gula Berlebih
Siapa yang tidak suka dengan yang manis? hampir setiap orang menyukai rasa manis. Rasa manis ini salah satunya disebabkan oleh gula. Akan tetapi siapa sangka, memakan makanan dengan gula berlebih dapat mengundang berbagai penyakit diantaranya diabetes dan kencing manis. Oleh karenanya, kurangilah memakan makanan yang manis-manis berlebih beralih kepada sayuran dan buah-buahan yang tidak mengandung pemanis buatan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar