Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana

28 Desember 2023

Memahami Sandi Morse Pramuka dan Cara Menghafalnya

| 28 Desember 2023


 Dalam kegiatan Pramuka, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah sandi dan semboyan. Setelah sebelumnya kita belajar mengenai sandi kotak 1, 2, dan 3 yang kemudian dilanjutkan dengan semaphore selanjutnya kita akan mempelajari sandi morse. 

Sandi Morse dalam kegiatan pramuka biasa digunakan sebagai media komunikasi antar anggota dengan menggunakan media tertentu. Sandi morse ditentukan oleh kode panjang-pendeknya bunyi atau menggunakan strip-titik jika dalam bentuk tulisan. 

Kode morse ini banyak sekali manfaatnya dan telah digunakan oleh banyak aktivitas sebagai pengganti dari huruf dan angka. 

Sejarah Sandi Morse

Sandi morse pertama kali ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse atau biasa disapa Samuel Morse. Samuel Morse merupakan seorang yang senang dengan kesenian yang lahir pada tanggal 27 April 1791 di Charlestown, Massachuseth. 

Pada tahun 1832 ketika dalam perjalanan pulang bersama keluarga Samuel Morse mendengar tentang penemuan terbaru mengenai elektromagnet. Hal tersebut, membuatnya tertarik untuk memikirkan konsep telegraf listrik, karena sebelumnya juga ia pernah belajar soal kelistrikan ketika di Yalle College. 

Tahun 1835 Samuel Morse berhasil menemukan telegraf pertama di dunia, yang kemudian dioperasikan di Universitas New York. Dua tahun setelahnya Samuel Morse bersama kedua rekannya berhasil membuat hak paten terhadap telegraf yanng dibuatnya. 

Telegraf Morse tersebut memiliki kode berupa titik-titik dan garis sehingga dapat merubah angka menjadi kata-kata. Penemuan tersebut berkembang dan banyak digunakan di dunia bahkan hingga saat ini kode morse masih dapat digunakan. 

Samuel Morse harus menemui ajalnya diusia ke-81 tahun tepatnya pada tanggal 2 April 1872 di New York, Amerika Serikat. 

Rumus Sandi Morse dan Alat yang Digunakan

Sandi Morse pada dasarnya terdiri atas titik dan strip, atau panjang pendeknya suatu bunyi, cahaya atau lainnya tergantung media yang digunakan. Perbandingannya adalah 1:3 apabila bunyinya pendek satu ketukan maka bunyi panjangnya tiga ketukan. 

Alat atau media yang biasa digunakan dalam mengirimkan sandir morse pramuka di antaranya adalah peluit, bendera, senter, asap, denyut listrik, tulisan maupun lambaian tangan. 

Perhatikan sandi morse berikut


Cara Menghafal Sandi Morse

Jika kita perhatikan mungkin agak sulit untuk menghafal titik dan strip dari sandi morse ini maka, untuk memudahkan menghafalnya kita memerlukan beberapa metode. 

1. Metode Koch

Cara menghafal sandi morse dengan metode ini adalah dengan menggunakan sistem gradual. Cara digunakan dengan melatih setiap huruf secara terus menerus diulang dan memberikan jarak interval yang ada dengan menggunakan huruf E dan T. 


 2. Metode Subtitusi

Metode Subtitusi adalah membuat sebuah padanan kata dari huruf alfabet yang kemudian diikuti dengan huruf vokal. Huruf vokal ini yang kemudian menjadi kunci yaitu huruf O untuk tanda strip (-) dan huruf vokal, A, I, U dan E untuk tanda titik (.). Pada metode ini untuk menghafalnya dapat dilagukan.

3. Metode Pengelompokan

Metode ini biasa digunakan untuk memudahkan mengingat kelompok-kelompok yang memiliki tanda tertentu. Dimana titik-titik akan dikelompokan dengan titik-titik begitu pula sebaliknya. Ada kelompok yang berlawanan atau berpasangan. 


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar